Editorial Geuchik Detail


 

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabaraktuh.

Alhamdulillah, segala puji hanya untuk Allah Ta’ala, Tuhan semesata alam. Kebahagiaan tak terkira menyapa seluruh warga Gampong Timbang Langsa Kecamatan Langsa Baro Pemerintah Kota Langsa. Sekaligus menyapa dunia melalui blog sederhana ini. Meski dengan segala keterbatasan yang ada, namun kami tetap berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Tak dapat dipungkiri bahwa dengan lahirnya UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah, adalah pembuka jalan bagi pemberdayaan daerah khususnya desa/ Gampong. Hal tersebut Lebih ditekankan lagi melalui UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa/ Gampong. Dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa desa / Gampong adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (Pasal 1). Otonomi atas desa/ Gampong dalam mengatur serta mengurus dirinya sendiri mendapat porsi yang lebih besar saat ini.

Oleh karena itu, lewat berbagai media komunikasi diharapkan partisipasi masyarakat dalam peningkatan pembangunan akan lebih berkembang lagi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi menjadi satu keniscayaan yang tak dapat dihindari. Demikian juga kebutuhan masyarakat atas penilaian kinerje aparatur pemerintahan desa/ Gampong khususnya dan perkembangan masyarakat umumnya. Lewat media blog ini diharapkan dalam waktu yang tak lama lagi, akan diwujudkan website desa yang berisi berbagai hal informasi tentang perkembangan Desa / Gampong Timbang Langsa.

Hal tersebut di atas sekaligus sebagai sarana mewujudkan transparansi pemerintahan desa / Gampong yang menjadi dambaan masyarakat. Sebab sekecil apapun tanggungjawab pemerintahan yang dilakukan dapat diketahui dengan jelas oleh seluruh warga masyarakat. Tidak hanya masyarakat yang tinggal di desa,/ Gampong namun jutaan bahkan milyaran pasang mata di seluruh dunia.

Untuk itu, kritik, saran dan masukan yang membangun sangat kami harapkan. Partisipasi seluruh warga masyarakat akan menjadi modal semangat kami untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik. Tanpa partisipasi aktif masyarakat, kami bukanlah apa-apa. Semoga Allah Ta’ala selalu memberkahi ikhtiyar demi kemajuan Desa / Gampong Timbang Langsa. Aamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Geuchik Gampong Timbang Langsa,

ENSARI,